Mengenal Percetakan

Berbagi Ilmu Percetakan Bag. I







Buku, surat kabar, majalah yang Anda baca; poster, spanduk, dan baliho yang Anda lihat di jalan; kartu nama, map, dan stiker yang Anda punya saat ini adalah semua yang berhubungan dengan percetakan. Begitu pentingnya peran percetakan, sehingga dapat menghasilkan output-output tersebut.
Sejak ditemukan pertama kali oleh Johannes Guttenberg sekitar tahun 1454, mesin cetak menjadi sesuatu yang vital. Penemuannya diikuti oleh munculnya Injil Gutteenberg. Seiring dengan kemajuan zaman, mesin cetak mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Jerman menjadi motor utama dalam perkembangan mesin cetak. Sementara itu, teknologi Jepang muncul sebagai pesaing utama teknologi Jerman.
Bisnis percetakan di Indonesia sendiri, bukan lah hal yang baru. Usaha percetakan telah menjamur di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Hal ini sebanding dengan kebutuhan yang ada akan percetakan. Begitu banyak perusahaan percetakan yang berangkat dari skala besar sampai perusahaan dengan skala kecil. Bahkan, untuk berberapa media massa tertentu, percetakan menjadi entitas bisnis sendiri dalam perusahaannya. Semakin besar skala perusahaan maka semakin tinggi pula kualitasnya.
Di daerah Jakarta sendiri sebagai sentra perekonomian Indonesia terdapat berberapa kawasan percetakan. Kawasan Percetakan terdiri dari berberapa perusahaan percetakan dan perusahaan-perusahaan komplementernya. Perusahaan komplementer tersebut antara lain adalah seperti perusahaan pembuatan film, perusahaan penjualan kertas, perusahaan tempat finishing. Daerah kawasan percetakan tersebut antara lain tersebar di daerah sekitar Stasiun Senen dan Jalan Pramuka Raya.
Sebelum Kita pergi ke tempat percetakan, Kita terlebih dahulu membuat film. Memang dunia percetakan tak akan lepas dari dunia disain dan grafis. Di tempat pembuatan film, Kita cukup memberikan disain akhir untuk barang yang akan di cetak, misalnya Kita akan mencetak satu rim poster. Untuk biaya pembuatan film, Kita dapat menghitungnya dengan mengkalkulasikan ukuran dan warnanya dengan ongkos pembuatan film. Misalnya poster yang akan Kita cetak berukuran A3 (29,7 x 42,0 cm) dan terdiri dari empat warna (dalam disainnya) yaitu cyan, magenta, yellow, and key (black) maka cara menghitungnya adalah:
  • 29,7 x 42,0 x 4 x Rp14,00 = Rp69.854 dibulatkan menjadi Rp69.900
Ket: Rp14,00 adalah harga standar film per cm persegi.
Setelah selesai membuat film, langkah selanjutnya adalah membeli kertas. Biasanya kertas yang dibeli dalam ukuran plano. Namun, Kita dapat meminta toko kertas tersebut untuk memotongnya sesuai ukuran barang Kita (lebihkan 2 cm pada ukuran potongan untuk memudahkan percetakan nantinya) . Toko kertas sendiri biasanya cukup lengkap menyediakkan berbagai macam kertas dengan ukuran dan berat yang berbeda. Dalam hal ini, poster yang akan Kita cetak akan menggunakan kertas art paper 150 g ukuran 100 x 65 cm. Perlu diingat sebelum Kita membeli kertas, ada baiknya Kita mengecek terlebih dahulu jumlah yang dibutuhkan dan harga kertas tersebut sebelumnya. Untuk kertas art paper 150 g ukuran 100 x 65 cm di pasaran harganya adalah Rp1.200 per lembar plano. Sesuai perhitungan Kita sebelumnya, kertas yang dibutuhkan untuk mencetak satu rim poster adalah 125 lembar plano.
Proses akhir dari mencetak poster adalah pergi ke tempat percetakan. Di percetakan sendiri Kita mencetak sesuai dengan kapasitas mesin percetakannya sendiri. Pada umumnya mesin percetakan yang ada di tempat-tempat percetakan berskala kecil adalah Mesin Cetak Oliver 58 dan Mesin cetak Oliver 66. Untuk Mesin Cetak Oliver 58, dikenakan ongkos cetak Rp75.000 per platnya. Sedangkan, Mesin Cetak Oliver 66 dikenakan harga ongkos cetak Rp90.000 per platnya. Karena ukuran poster Kita adalah A3 (29,7 x 42,0 cm) maka mesin cetak yang akan Kita gunakan adalah Mesin Cetak Oliver 58. Penghitungannya adalah sebagai berikut:
  • 4 x Rp75.000 = Rp300.000
Ket: 4 adalah jumlah plat dari film yang Kita buat. Semakin banyak film yang Kita bua maka semakin tinggi ongkos cetaknya. Itulah sebabnya mengapa mencetak poster lebih murah ketimbang buku dan sebagainya.
Lalu, masih di tempat percetakan, untuk mempercatik poster Kita maka biasanya poster tersebut dilaminating glossy atau didof (laminating Dof). Biasanya untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus finishing ini, Kita dapat memesan tempat percetakan tersebut untuk mengerjakan finishingnya juga. Untuk laminating glossy dikenakan biaya Rp 0,15 per cm persegi. Sedangkan, untuk biaya Dof, dikenakan Rp0,21 per cm persegi. Namun, untuk kasus pembuatan poster Kita kali ini biasanya masih dikenakan minimum barang.
Demikian lah perjalanan singkat Kita tentang dunia percetakan. Harga-harga yang tertera di atas adalah standar percetakan, tapi tak menutup kemungkinan harga tersebut lebih rendah atau tinggi. Hal ini tergantung dari tempat dan bargaining power Anda.

READMORE
 

Tata Cara Sholat Jum'at

KHUTBAH I
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Saudara-saudara kaum muslimin sidang Jum’at rahimakumullah, Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita 



KHUTBAH I



Saudara-saudara kaum muslimin sidang Jum’at rahimakumullah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, khatib mengingatkan utamanya kepada diri saya pribadi dan juga kepada jama’ah pada umumnya, untuk senantiasa meningkatkan taqwa kepada Alloh, dengan sebenar-benarnya takwa yaitu ikhlas menjalankan apa yang telah diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang telah dilarang. Kemudian marilah kita senantiasa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT semata. Allah telah melimpahkan kepada kita sedemikian banyak nikmat. Jauh lebih banyak nikmat yang telah kita terima dibandingkan kesadaran dan kesanggupan kita untuk bersyukur. Sebagaimana telah Allah firmankan dalam QS Ibrahim: 34:



Selanjutnya khatib mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar melimpahkan setinggi-tingginya penghargaan dan penghormatan, yang biasa kita kenal dengan istilah sholawat dan salam-sejahtera kepada pemimpin kita bersama, teladan kita bersama… imamul muttaqin pemimpin orang-orang bertaqwa dan qaa-idil mujahidin panglima para mujahid yang sebenar-benarnya nabiyullah Muhammad Sallalahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para shohabatnya dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Dan kita berdo’a kepada Allah, semoga kita yang hadir di tempat yang baik ini dipandang Allah layak dihimpun bersama mereka dalam kafilah panjang yang penuh berkah. Amien, amien ya rabbal ‘aalaamien.

Jama’ah jum’ah yang dimuliakan Allah

Allah berfirman dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11:



“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, ‘Berlapang-lapanglah dalam majelis’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu, dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu, maka berdirilah’, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Menurut ayat tersebut, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa tingkat. Oleh karenanya Allah menyuruh manusia berpikir menggali ilmu pengetahuan, membentuk majelis ta’lim, membaca ayat-ayat Allah, baik ayat yang tertulis maupun yang tercipta yaitu segala sesuatu yang diciptakan Allah misalnya langit, bumi, gunung, bintang, dll.

Kaum muslimin sidang Jum’at yang berbahagia,

Khalifah Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa ada sepuluh kelebihan ilmu dibanding harta, yaitu:
1. Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan dari Fir’aun, Qarun, dan lain-lain.
2. Ilmu selalu menjaga orang yang mempunyainya, sedangkan harta dijaga oleh orang yang mempunyainya.
3. Orang yang berilmu banyak mempunyai teman, sedangkan orang yang berharta mempunyai banyak lawan.
4. Ilmu apabila diberikan kepada orang lain akan bertambah sedangkan harta bila diberikan akan berkurang.
5. Ilmuwan sering dipanggil alim, ulama, dan lain-lain. Sedangkan hartawan sering dipanggil bakhil, kikir, dan lain-lain.
6. Pemilik ilmu akan menerima syafaat pada hari kiamat, sedangkan pemilik harta dimintai pertanggungjawabannya.
7. Ilmu apabila disimpan tidak akan habis, sedangkan harta bila disimpan akan usang dan lapuk.
8. Ilmu tidak usah dijaga dari kejahatan, sedangkan harta selalu dijaga dari kejahatan.
9. Ilmu tidak memerlukan tempat, sementara harta memerlukan tempat.
10. Ilmu akan menyinari hati hingga menjadi terang dan tenteram, sedangkan harta akan mengeraskan hati.

Nasihat yang disampaikan Ali tersebut menegaskan kepada kita bahwa ilmu lebih mulia dari pada harta, dalam mencari harta kita boleh jadi merugi, akan tetapi sejauh mana pun kita mencari ilmu tidak akan pernah ada istilah merugi.

Iqra’ bismirobbikalladzii khalaq, (bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan), surat Al-‘Alaq ayat 1 memerintahkan kepada kita untuk membaca ayat-ayat Allah, memerintahkan kita untuk mencari ilmu, hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim, baik itu ilmu agama atau pun ilmu pengetahuan. Ilmu juga akan menambah keimanan kita, semakin dalam ilmu yang kita gali maka akan semakin bertambah pula keimanan kita.

Saudara-saudara kaum muslimin sidang Jum’at rahimakumullah,

Sebuah penemuan besar di abad XX bahwa seluruh alam raya ini yang terdiri dari langit, bumi, bintang, galaksi, semuanya diciptakan Allah dari suatu titik tunggal yang sangat kecil tetapi mempunyai kepadatan tak terbatas. Karena sangat kecilnya titik ini, ilmu pengetahuan menggambarkannya dengan konsep ketiadaan. Kemudian para ilmuwan meyakini bahwa titik tunggal ini meledak, melemparkan semua material ke segala arah dan terciptalah suatu sistem alam semesta ini yang terdiri dari bumi, bintang dan seluruh galaksi. Ini adalah teori terakhir tentang terciptanya alam semesta yang diyakini oleh para ilmuwan. Dan sebenarnya, teori yang diyakini ini telah disebutkan Allah di dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 30:



“Dan apakah orang-orang kafir itu tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah sesuatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air, Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiya: 30)

Dalam ayat ini disebutkan bahwa awal-mulanya langit dan bumi adalah dari sesuatu yang padu, padu di sini artinya adalah satu titik tunggal yang telah diyakini sebagai asal muasal alam semesta. Kemudian Allah memisahkan antara keduanya (yaitu langit dan bumi), maksudnya dipisahkannya masing-masing bagian dari suatu yang padu ini oleh suatu ledakan dahsyat melemparkan material-material menjadi bintang, bumi, dan langit sebagai ruang kosong di antaranya.

Kaum muslimin sidang Jum’at yang berbahagia,

Allah berfirman dalam surat Ali-Imran 191,



“(Orang yang berpikir itu) selalu ingat kepada Allah di kala mereka berdiri, duduk, dan berbaring, seraya memikirkan kejadian langit dan bumi, lalu mereka berkata, ‘Tidak sia-sia Engkau ciptakan ini ya Allah, Maha Suci Engkau, dan lindungilah kami dari api neraka.’”



KHUTBAH II



Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah,

Apa yang baru saja saya sampaikan dalam Khutbah yang pertama adalah sebuah contoh bahwa dengan mencari ilmu maka keimanan kita kepada Allah, iman kepada Malaikat, kepada ayat-ayat Al-Qur’an, kepada para Rasul, kepada hari akhir, dan iman kepada takdir insya Allah akan bertambah.

Seorang pelajar atau mahasiswa jika ia berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan ilmu di sekolah dan kampus, belajar matematika, ilmu pengetahuan alam maupun ilmu sosial dengan sungguh-sungguh, maka insya Allah dia termasuk salah seorang ahli dzikir. Orang tua yang selalu mendidik dan mengasuh anak-anaknya untuk menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan selalu berserah diri kepada Allah, insya Allah akan menjadi pahlawan bagi peradaban manusia masa depan.

Seorang pegawai negeri jika ia senantiasa selalu belajar untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan nama Allah, maka ia termasuk sebagai seorang yang amanah. Seorang petani jika ia selalu tekun menggarap sawah dan ladangnya semata-mata ikhlas karena Allah sehingga kebutuhan bahan pangan masyarakat menjadi terpenuhi, maka ia termasuk salah satu pilar bagi tegaknya kehidupan masyarakat dan bangsa.

Dan sudah tentu jika kita semua selalu menghidupkan majelis-majelis ta’lim maka insya Allah akan tercatatlah kita sebagai calon-calon penghuni surga sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

Dari Abu Hurairah RA, “Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda, ‘Barangsiapa yang menempuh suatu jalan bepergian mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.’”

Marilah kita tutup khutbah ini dengan berdoa bersama-sama,

Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillahirabbil ‘alamin,
Allahumma shalli wasallim’ala sayyidina muhammad,
Wa’ala alihi waasbihi ajma’in,
Ya Allah, jadikanlah hari ini menjadi hari ampunan bagi segala dosa kami,
Hari dimana Engkau gantikan segala kegelapan dengan cahaya di hati kami,
Ya Allah, sediakanlah untuk kami sebagian dari rahmat-Mu yang luas,
Berikanlah kami petunjuk kepada ajaran-ajaran-Mu yang terang,
Ya Allah, hiasilah diri kami dengan ilmu yang bermanfaat,
Ilmu yang membawa kepada keluhuran akhlak kami,
Janganlah Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membuat kami angkuh di bumi ini,
Jangan pula Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membawa permusuhan di antara kami,
Rabbana atina fiddunya hasanah, wafilakhirati hasanah, waqina ‘adza bannar,
Subhanarobbika robbil ‘izzati ‘amma yasifun, wassalamun’alal mursalin,
Walhamdulillahirobbil’alamin.


Sumber : http://www.oaseqalbu.net/modules.php?name=News&file=article&sid=7
READMORE
 

AutoCad

AutoCad

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Autodesk didirikan tahun 1982 oleh John Walker. Dia dan 15 pendiri lainnya berniat untuk mengembangkan lima aplikasi desktop otomatisasi yang berbeda. Mereka melakukan ini dengan gagasan bahwa salah satu aplikasi yang akan dilepas dan akan dikembangkan lebih lanjut.
Produk tsb ga taunya AutoCAD, yang didasarkan pada CAD program yang ditulis pada tahun 1981 oleh Mike Riddle disebut MicroCAD diubah kemudian ke Interact. AutoCad ditampilkan pada sebuah pameran di Las Vegas COMDEX sebagai program CAD pertama di dunia yg dapat berjalan di PC.
AutoCAD adalah Computer Aided Design (CAD) software paket untuk 2D dan 3D desain dan drafting. Saat ini hanya berjalan pada sistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Apple Macintosh juga ada, tapi karena penerimaan pasar yang terbatas dan akhirnya kemudian jatuh. Awalnya AutoCad dibuat untuk insinyur mekanik, hal itu telah diperluas dan sekarang sangat banyak digunakan oleh arsitek dan profesional lainnya. Format file (DWG dan setara ASCII, AutoCAD DXF) telah menjadi standar default untuk paket CAD.
AutoCAD LT
AutoCAD LT adalah versi ringan dari AutoCAD. Berharga lebih murah (sekitar USD $900 USD versus sekitar USD $4,000 untuk AutoCAD versi lengkap). AutoCAD LT diciptakan oleh Autodesk untuk para pengguna yang hanya berminat untuk menggambar 2 dimensi saja, tetapi AutoCAD LT masih mempunyai kemampuan untuk melihat gambar 3 dimensi tanpa mampu mengubahnya.
AutoCAD Versi pelajar
AutoCAD memberikan potongan harga yang besar bagi penggunaan AutoCAD utuk pendidikan (pelajar dan pengajar), baik lisensi 14 bulan maupun lisensi perpetual tersedia. AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, perbedaannya hanyalah, pada versi pelajar setiap data DWG yang dihasilkan atau di rubah terdapat data bendera internal (bendera pendidikan). Kalau gambar ini dicetak , maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gamabar ini diproduksi dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang digunakan untuk keperluan komersial.
Vertical programs
Autodesk juga mengmembangkan beberapa program vertikal dari AutoCAD untuk beberapa disiplin khusus. Contohnya AutoCAD Architecture (sebelumnya disebut Architectural Desktop), memungkinkan arsitek untuk menggambar obyek 3 dimensi dari tembok, pintu, jendela, dengan data yang lebih cerdas berhubungan langsung dengan obyek tersebut, daripada obyek sederhana seperti gambar garis dan lingkaran saja. Data bisa diprogram untuk menampilkan produk arsitektural secara spesifik yang dijual dipasaran lengkap dengan harga dan merek obyek tersebut. Contoh lain adalah AutoCAD Mechanical untuk insinyur teknik mesin, AutoCAD Electrical untuk insinyur teknik elektro, AutoCAD Civil 3D (untuk insinyur teknik sipil), dan AutoCAD Map 3D (peta).
Sumber : www.scribd.com
READMORE
 

Tools - tools Pada 3ds Max

Tools - tools Pada 3ds Max


Area kerja 3ds max
1.   Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2.   Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.  Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3.   Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4.   Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5.   Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :

a.   Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b.   Redo merupakan kebalikan dari undo
c.   Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d.   Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e.   Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f.   Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g.   Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h.   Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i.    Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j.    Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k.   Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l.    Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m.  Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n.   Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o.   Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p.   Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q.   Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1.   Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
a.   Time Slider
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita  fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.

Sumber : http://itcentergarut.blogspot.com/2011/01/pengenalan-dan-dasar-3ds-max.html
READMORE
 

Tools - tools Pada Photoshop

Tools - tools Pada Photoshop


Untuk bisa menggunakan Photoshop, yang pertama kita harus mengenal dulu komponen dan cara kerja tools atau peralatan pada Photoshop, supaya kita bisa bekerja dan memperoleh hasil yang kita inginkan.
Kali ini saya ingin memberikan sedikit gambaran tentang komponen dan peralatan pada Photoshop, supaya temen-temen paham perhatikan gambar dibawah ini :


Adobe Photoshop CS 4

Keterangan gambar :
  1. Bagian nomer satu adalah baris menu, yang berisi kumpulan perintah untuk menjalankan Photoshop.
  2. Bagian yang di tunjuk nomer dua adalah palet options, menyimpan pilihan tool yang sedang aktif.
  3. Bagian yang ditunjuk nomer tiga adalah tabulasi dokumen (document tab), menampikan tabulasi dari lembar kerja (stage area) yang sedang dikerjakan.
  4. Bagian nomer empat adalan panel tools ( tools panel), berisi kumpulan tools atau peralatan yang digunakan dalam menjalankan program Photoshop.
  5. Bagian ini merupakan lembar kerja (stage area) Photoshop.
  6. Bagian ini berisi kumpulan grup palet yang terdiri dari grup (Navigator, Info, Histogram), grup (Color Swatches, Brushes), grup (Layer, Chanel, Path), grup (History dan Action).

Panel Tools

Dibawah ini saya akan tunjukan nama-nama tools yang berada pada panel tools Photoshop beserta shortcutnya, dengan menggunakan shortcut proses kerja akan lebih cepat.

Palet tools Photoshop beserta shorcutnya
Pada palet tools ada beberapa icon tools yang memiliki gambar segitiga kecil disamping kananannya, itu menunjukan kalau didalamnya masih menyimpan sekelompok tools yang tersembunyi, jika kita klik dan tahan maka tools yang tersembunyi itu akan keluar. Sebagai contoh coba temen-temen lihat gambar dibawah ini :
Kelompok Brush Tool
Bekerja dengan palet
Pada Photoshop, palet dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok dan ditempatkan disamping kanan layar, diantaranya yaitu:
Group Navigator, Histogram, dan Info
 Group ini berisi palet :
  1. Navigator :Pilihan untuk melakukan navigasi pada lembar kerja
  2. Info : Mencari informasi nilai warna yang terletak pada objek gambar
  3. Histogram : menunjukan histogram objek

Group Color, Swatches, dan Style


 Group ini berisi palet :
  1. Color : Memilih dan membuat warna yang kita inginkan
  2. Swatches : Memilih dan menyimpan warna yang kita gunakan untuk dipakai lagi
  3. Styles : Memilih bentuk style yang kita  inginkan

Group Layers, Chanels, dan Path



Group ini berisi informasi  mengenai elemen apa saja yang terdapat di dalam gambar. Selain itu, group ini juga memuat informasi yang berguna untuk memodifikasi elemen-elemen tersebut.
  1. Layers/ lapisan : Tempat melakukan organisasi terhadap lebih dari satu elemen gambar yang ditunjukkan dalam bentuk daftar gambar.
  2. Chanels : salah satu fungsinya adalah tempat menyimpan seleksi
  3. Paths : Tempat daftar kumpulan path/garis

Group History dan Actions 


Group ini terdiri dari palet:
  1. History : Merekam langkah yang telah dikerjakan. Palet ini berguna untuk melakukan pembatalan tahapan pengerjaan lebih dari satu kali.
  2. Actions : Merekam serangkaian instruksi yang nantinya dapat dipakai berulang-ulang.
Oke sampai disini dulu pertemuan kita tentang komponen kerja pada Photoshop, insya Allah nanti akan saya lanjutkan mengenai fungsi dan kegunaan tools pada Photoshop di postingan selanjutnya, jika ada kritik dan saran silahkan postkan komentarnya disini.
READMORE
 

Tools - tools Pada Flash

Assalamu'alaikum w.w.
Apa kabar, Sob? Semoga baik-baik saja ya. Amin.... Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang fungsi icon-icon toolbox di Adobe Flash CS5. Bagi sobat yang lagi belajar Adobe Flash saya sarankan baca dulu deh artikel ini (promosi. hehe...).
IconNamaFungsi
PhotobucketSelection Tool (V)Memilih atau menyeleksi suatu objek.
PhotobucketSubselection Tool (A)Menyeleksi bagian dalam objek untuk proses editing.
PhotobucketFree Transform Tool (Q)Mengubah bentuk objek secara bebas.
PhotobucketGradient Transform Tool (F)Mengubah transformasi warna gradasi pada objek yang terseleksi.
PhotobucketLasso Tool (S)Menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas.
PhotobucketPen Tool (P)Menggambar objek dengan menggabungkan titik-titik bantunya.
PhotobucketAdd Anchor Point Tool (=)Menambah titik/anchor point pada objek.
PhotobucketDelete Anchor Point Tool (-)Menghapus titik/anchor point pada objek.
PhotobucketConvert Anchor Tool (C)Mengubah sudut lancip dari sebuah path menjadi sudut lengkung.
PhotobucketText Tool (T)Membuat objek berupa text.
PhotobucketLine Tool (N)Membuat garis lurus.
PhotobucketRectangle Tool (R)Menggambar objek segi empat.
PhotobucketOval Tool (O)Menggambar objek berbentuk lingkaran atau oval.
PhotobucketRectangle Primitive Tool (R)Menggambar objek segi empat dengan sudut yang bisa dilengkungkan.
PhotobucketOval Primitive Tool (O)Menggambar objek berbentuk lingkaran atau oval dengan berbagai variasi.
PhotobucketPoly Star ToolMenggambar objek dengan jumlah sudut banyak, seperti bintang, dll.
PhotobucketPencil Tool (Y)Menggambar objek dengan bentuk goresan pensil.
PhotobucketBrush Tool (B)Menggambar objek dengan bentuk goresan kuas.
PhotobucketSpray Brush Tool (B)Menggambar dengan teknik spray, yaitu menyemprotkn warna atau symbol.
PhotobucketDeco Tool (U)Menggambar corak dekoratif dengan menggunakan symbol graphic.
PhotobucketBone Tool (M)Membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada objek.
PhotobucketBind Tool (M)Mengedit dan memodifikasi titik sendi dari peranti Bone tool.
PhotobucketInk Bottle (S)Mengubah warna garis, lebar garis, dan style garis luar suatu objek.
PhotobucketPaint Bucket Tool (K)Memberi atau mengganti warna suatu objek.
PhotobucketEyedropper Tool (I)Mengambil sample warna dari suatu objek.
PhotobucketEraser Tool (E)Menghapus objek.
PhotobucketHand Tool (H)Menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran.
PhotobucketZoom Tool (M, Z)Memperbesar atau memperkecil tampilan stage.
PhotobucketStroke ColorMemberi dan memilih warna garis pada suatu objek.
PhotobucketFill ColorMemberi dan memilih warna pada suatu objek.
PhotobucketBlack and WhiteMemilih warna hitam dan putih saja.
PhotobucketSwap ColorMenukar warna fill dan stroke pada suatu objek.
PhotobucketNo ColorMenghilangkan warna suatu objek.
PhotobucketSnap to ObjectMengaktifkan atau mematikan fungsi Snap to Object.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan selamat berkreasi. :)
Wassalamu'alaikum wr.wb
READMORE